Tips

5 Soft Skill Yang Perlu Anda Kuasai, Untuk Menjadi Engineer Handal

2 years ago

Dilihat 862 kali

bindev

Saat keterampilan teknis yang solid merupakan syarat utama untuk berkarir di dunia teknik, soft skill sama pentingnya bagi mereka yang ingin maju dan populer sebagai insinyur yang patut diper

Teknologi telah membuat dunia jauh lebih terhubung, terbuka lebar dan mendobrak batasan geografis untuk dapat berkolaborasi internasional secara virtual. Agar tetap relevan dan kompetitif, bisnis perlu terjun ke pasar internasional dimana disana sudah menanti peluang virtual untuk diolah. Hal ini menjadi penting bagi para engineer untuk belajar merangkul cara kerja baru ini dan merasa nyaman untuk menjadi lebih sosial dalam melakukan setiap pekerjaan.

 

Asah 5 soft skill berikut untuk para Anda para engineer:

 

  1. Sosial

Ini tidak berarti Anda harus berubah menjadi seorang Facebooker atau Instagrammer yang obsesif. Sebaliknya, bersosialisasi maksudnya di sini berarti Anda bisa merasa nyaman untuk berbicara dan berinteraksi dengan orang lain. Keterampilan bersosialisasi yang baik memungkinkan Anda membangun koneksi yang mudah dengan orang lain (baik secara fisik maupun secara online), yang memungkinkan Anda untuk tumbuh dan memperkuat jaringan sosial dan profesional Anda.

Mampu memelihara hubungan yang kuat dengan rekan kerja, atasan dan relasi juga merupakan satu langkah awal untuk membangun keterampilan kepemimpinan.

 

  1. Kepemimpinan

Dengan kepribadian yang ramah, Anda secara alami akan mulai mengembangkan keterampilan kepemimpinan dalam mengelola dan memotivasi anggota tim dan rekan kerja Anda. Mampu terhubung dan mudah berhubungan dengan orang lain sangat penting jika Anda ingin mendapatkan kepercayaan dan rasa hormat dari orang-orang di sekitar Anda.

Sebagai komunikator yang baik, Anda juga akan merasa lebih mudah untuk memanfaatkan keterampilan resolusi konflik yang sangat penting dalam mengelola dan memimpin orang. Berikan satu contoh keterampilan kepemimpinan yang Anda miliki saat menulis resume.

 5 Soft Skill Yang Perlu Anda Kuasai, Untuk Menjadi Insinyur Yang Populer_2

  1. Kreativitas

Berada dalam keadaan pikiran yang kreatif memungkinkan Anda untuk melihat solusi yang berbeda untuk satu masalah, daripada memiliki sebuah gagasan yang tetap tentang bagaimana sesuatu harus bekerja. Dengan tetap berpikiran terbuka, Anda akan lebih mudah menerima ide dan inspirasi baru-hal penting yang harus dimiliki, untuk menjadi insinyur berkinerja tinggi.

Jaga agar ide-ide kreatif terus mengalir dengan melihat berbagai hal dari perspektif yang berbeda dan eksplorasi kemungkinan alternatif yang ada.

 

  1. Kolaborasi

Sebagian besar proyek di dunia teknik melibatkan beberapa spesialisasi dan anggota tim, yang membuat keterampilan untuk berkolaborasi menjadi elemen penting dari penyampaian sebuah proyek yang berhasil. Jika Anda sudah memiliki keterampilan sosial yang baik, Anda akan merasa mudah terjun ke dalam proyek grup dan bekerja sebagai tim.

Memiliki anggota tim dengan perspektif dan keterampilan yang berbeda memungkinkan proyek berkembang dalam banyak cara, namun agar dapat berjalan dengan baik, setiap anggota tim harus tetap terbuka dan objektif terhadap gagasan dan sudut pandang yang berbeda. Di sinilah rasa hormat terhadap orang lain memainkan peran yang mendasar. Jika Anda seseorang yang ahli di bidang ini, tambahkan itu ke resume Anda juga.

 

  1. Kemampuan beradaptasi

Sama seperti teknologi berkembang dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, demikian juga kekuatan pasar internasional dan tren bisnis berkembang lebih cepat dari sebelumnya. Agar tetap efektif, seseorang harus tetap terbuka dan responsif terhadap perubahan lingkungan dan kebutuhan pasar.

Meskipun itu penting untuk menentukan dan berpegang pada keputusan yang telah dibuat, adalah sama pentingnya untuk dapat mengambil langkah mundur dan mengevaluasi apakah suatu perubahan kecil mungkin lebih masuk akal untuk pertumbuhan dan keberlanjutan dalam jangka panjang. Di sinilah fleksibilitas memainkan peran penting dalam mempertahankan keunggulan kompetitif sebuah organisasi.

Sama seperti pentingnya untuk tetap mengikuti perkembangan teknologi di industri Teknik, hal itu juga sama perlunya untuk terus mengasah soft skill tersebut jika Anda bercita-cita naik ke jajaran Manajerial atau bahkan menerapkan peran baru dalam waktu dekat.